Sistem penanggalan telah dikenal oleh umat manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Umumnya peradaban zaman dahulu menggunakan tanda-tanda benda di langit (matahari, bulan dan bintang) untuk menentukan pergantian musim. Hal tersebut sangat berguna untuk menentukan siklus bercocok tanam, pergi melaut, musim berburu, musim banjir dan lain sebagainya. Sebagaimana penanggalan Mesir kuno juga dikenal dengan penanggalan Qibthi, menggunakan system tahun matahari dengan panjang masa satu tahun = 365 hari (berarti kurang 0,2422 hari dari tahun matahari sesungguhnya), namun berpedoman pada salah satu bintang bersinar sangat masyhur di langit Mesir ketika malam-malam bulan musim panas (summer). Bintang serius (najm as syi'ra al yamaniyah) muncul dibagian timur sekitar tanggal 19 juli dan mulai bersinar di akhir bulan agustus. Kenyataan bahwa kata Arab "syi'raa," yang merupakan padan kata bintang Sirius, muncul hanya di Surat An Najm (yang hanya berarti "bintang") … dan bahwasanya Dialah Tuhan (yang memiliki) bintang Syi'ra (QS. An Najm, 53: 49). Ayat ini secara khusus sangatlah menarik. Sebab, dengan mempertimbangkan ketidakteraturan dalam pergerakan bintang Sirius, yakni bintang paling terang di langit malam hari, sebagai titik awal, para ilmuwan menemukan bahwa ini adalah sebuah bintang ganda. Sirius sesungguhnya adalah sepasang dua bintang, yang dikenal sebagai Sirius A dan Sirius B. Yang lebih besar adalah Sirius A, yang juga lebih dekat ke Bumi dan bintang paling terang yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Tapi Sirus B tidak dapat dilihat tanpa teropong.

Munculnya bintang ini secara bersamaan ditandai dengan datangnya banjir sungai Nil hingga mencapai puncak Delta. Dengan terbanjirinya lahan-lahan bumi Mesir dengan Lumpur-lumpurnya menjadikan bumi Mesir subur. Perhatian bangsa Mesir kuno terhadap bintang dan datangnya banjir tersebut terus mengakar, hingga menjadi pedoman untuk mengetahui masa tahunan, yang berikutnya menjadi penanggalan yang terus digunakan selama berabad-abad. Bangsa ini menetapkan masa satu tahun 365 hari dengan jumlah bulan sebanyak 12 bulan dengan panjang hari seluruhnya sama yaitu 30 hari (30x12=360). Sementara sisa 5 hari ditambahkan dipenghujung tahun, yang disebut hari interkalasi (ayyam an nasyi') yang sekaligus dijadikan hari libur tahunan. Penanggalan ini dimulai bangsa Mesir kuno semenjak 4236 SM.

Sejak tahun 238 SM, Mesir kuno mulai menggunakan aturan tahun kabisat, sekira menjadikan masa satu tahun = 365 hari 1/4 hari. Dengan menjadikan tiap-tiap tahun keempat sebagai tahun kabisat dengan jumlah hari 366, meski penggunaan ini tidak dipatuhi secara konsisten namun terterapkan secara konsisten di masa system penanggalan Julian dan Gregorius.

Ketika Imperium Romawi menguasai Mesir (sekitar tahun 284 M), Mesir kuno mulai menggunakan system kalender Koptik (taqwim qibthi), yang merupan lanjutan dari kalender Mesir kuno yang terus digunakan dan dikenal hingga saat ini, dengan tetap berpedoman pada tahun Matahari dengan panjang masa satu tahun 365 1/4 hari. Jejak lukisan Imperium ini tertempel di dinding arca candi Loxor.




53 komentar:

ipanks mengatakan...

wah baru nih sistem penanggalannya seperti ini.tambah pelajaran baru utk saya

12 November 2008 04.50  
ROe mengatakan...

keren bo.
info ttg ilmu pengetahuan di zaman dulu.
baru tahu saya..

12 November 2008 06.40  
Kristina Dian Safitry mengatakan...

asyiiik daku dapat pendidikan sejarah lagi. sip.mantaf.

12 November 2008 06.54  
arielz mengatakan...

weeeh, hebat banget kang orang2 mesir jaman dulu, ga kalah hebat juga orang yg mengulas ini dengan sangat menarik, seperti kang fudin ini..
nice post kang

12 November 2008 08.19  
Ifoel mengatakan...

Hebatnya Zaman dulu ya..?
kira2 ada g kayak gitu di zman skrg..?

12 November 2008 08.28  
oeoes mengatakan...

belajar lagi nih disini, siip mantap bang

12 November 2008 09.13  
stupid mengatakan...

wah ternyata gitu ya sejarahnya, nice posting kang....!!!

12 November 2008 09.14  
enhal mengatakan...

wah keren neh mas sejarahnya, apalagi gambar bulannya....
hehehehehe.

12 November 2008 09.41  
uNieQ mengatakan...

asyik niyh cc dapat info baruuu

keren bro postingannyaaaaaaaa...

dohh ijin copy bisa ga ya??? buat koleksi aja... bolehh ya???

12 November 2008 10.31  
Didiet mengatakan...

mbak dian kok tau jangan2 hidud dari jaman dulu ya, kabuuuurrr

12 November 2008 16.05  
Nyante Aza Lae mengatakan...

dq yg herannya sm Indonesia...kalendernya g seragam...tu liat pas mo lebaran (Idul Fitri)...ada-ada aja yg beda...

ksimpulan org awam...ikutin pemerintah aja deh!

12 November 2008 16.41  
Milla Widia N mengatakan...

mesir gitu looohhh.... it's totally amazing!

12 November 2008 16.49  
Jenny Oetomo mengatakan...

Memang luar biasa, jaman sebelum masehi manusia sudah dapat menciptakan kalender itulah kehebatan akal yang diberikan Allah Swt, Salam

12 November 2008 18.17  
anita mui mengatakan...

OCCHH..jadi asal mula kalender tuh dari negri mesir yah dien???
aku sih bego' bgt klo soal sejarah..hhhee

sering2 aja posting ttg sejarah dien biar yg oon kayak aku sedikit ada pemasukan..

12 November 2008 19.02  
budi mengatakan...

nambah lagi deh ilmu sejarah ku.

thanks admin

12 November 2008 21.19  
Hellen mengatakan...

Wah keren....
Mas Dien emang top deh... dah lagi pelajaran di sini. Makasih ya mas :)

12 November 2008 23.38  
novnov mengatakan...

info nya mantap!!! salam kenal yaaa

13 November 2008 02.42  
arie yanie mengatakan...

ilmu sejarah jadi nambah karena nih artikel.

makasih pak

13 November 2008 02.55  
Ani mengatakan...

Infonya lengkap banget nih. Tengkyu yaaa

13 November 2008 05.42  
yantox mengatakan...

ooo gitu toh,,,,

13 November 2008 06.23  
Qittun mengatakan...

baru tahu saya kalo sejarahnya kayak gitu...he..he...

13 November 2008 09.00  
iien mengatakan...

Hmmm.. menghayal.. kapan ya cita2ku pergi jalana2 ke mesir bisa tercapai.....

13 November 2008 13.58  
acy mengatakan...

jadi nambah ilmu, postingan yang bagus bro :)

13 November 2008 17.46  
Lyla mengatakan...

wahhh... sama sapa kamu tuh jalan2 kesitu kyknya asik banget...

14 November 2008 03.26  
Lyla mengatakan...

oya satu lagi... aku sering liat sirius lewat teropong bintang suamiku lho hehehe

14 November 2008 03.32  
welly mengatakan...

orang mesir dulu memang dikenal krn peradabanya yg lebih maju dibanding bangsa2 lain. namun sayang itu tidak berlaku untuk saat ini...

14 November 2008 04.11  
ciwir mengatakan...

wah baru tahu nich,... jadi tambah ilmu dech...

14 November 2008 08.27  
ciwir mengatakan...

btw, tukeran link blog ya pak..
tempat sampeyan dah saya pasang diblog saya

14 November 2008 08.28  
Apipuzi mengatakan...

wew...

lengkap....
sekarang yang gregorian ya?

15 November 2008 04.28  
goenoeng mengatakan...

boss, aku mau tanya...
kamu disini menyebut koptik, sebenarnya apa sih koptik itu ?
daridulu aku cari2 info itu nggak dapat2, mungkin kamu bisa membantuku ?
thanks juga dapat tambahan ilmu disini.
oh ya, salam kenal ya :D

15 November 2008 07.43  
Dien mengatakan...

Hallo para pembaca, rame banget di sini. Ok aku sapa satu persatu:


# ipang> ini sistem penanggalan kuno panks, yang baru banyak loh.

# Reo> Aku juga ngertinya pas ikut kajian Association of Falak Deep Analysis

# Kristina dian safitri> embak dian, belajar kan ga mandang usia. hehehehe... yg tua juga masih perlu pendidikan loh.

# Arielz> mas ariel terlalu berlebihan, aku dapet pelajaran ini dari Mr. Arwin Juli Rahmadi & temen2 Association of Falak Deep Analysis serata karya ilmiah Harun Yahya.

# Ifoel> Zaman sekarang juga banyak kok yang keren, buktinya sudah bisa bikin pesawat super sonic.

# Oeoes> yuk belajar bersama mas oeoes.

# Stupid> hehehe...

# Enhal> itu bukan gambar bulan, kayaknya enhal belum baca deh... baca dari pertama donk!...

# unieq> Silahkan coppy paste aja... ilmu kalau dipakai sendiri ga bakalan kaya... hehehe...

# Didiet> hei diet... gue cowok, bukan embak...

# Nyante aza lae> ya, di indonesia memang berbeda dalam peraktek penentuan bulan hijriah, khususnya Ramadhan, Sayawal dan Djulhijjah. Itu semua karna masih ada perbedaan dalam memahami hadis Rasulullah. ada yang pakai ru'yak ada pula yang pake Hisab astronomi.

# Mila widia n> mila, kamu juga so amazing loh... penggemar Formula 1. kira2 siapa yang akan mencetak sejarah di kejuaraan tahun 2008?... hehehe...

# Jenny oetomo> Pak Jenny betul. Allah memberi manusia akal untuk berfikir, bukan melamun. hehehehe...

# Anita mui> Kalau asal-muasal kalender aku ga behitu paham, soalnya setiap bangsa memiliki sistem penanggalan sendiri-sendiri. misalnya cina. Yang aku tahu peradaban (bangsa) sumeria yang telah muncul sekitar tahun 4500 SM, diduga sebagai cikal bakal lahirnya ilmu pengetahuan terkhususnya kajian astronomi-astrologi bagi peradaban sesudahnya. Contohnya: Babilonia (iraq selatan), Mesir kuno, cina.

# Budi> nambah lagi temenku... om budi. hehehe...

# Hellen> yuk banyak belajar yuk...

# Novnov> salam kenal juga nov.

# Arie yanie> wah kok dipanggil pak... masih muda om...tante... hehehe...

# Ani> infonya belum lengkap, bunda... hitungan astronominya ga dikupas disini. makanya masih minim.

# Yantox> Hallo yantox...

# Qittun> embok diganti namanya jangan qittun, entar tak panggil "pus...pus...pus..."

# Iin> Insya Allah beberapa tahun lagi tercapai, amin...

# Acy> jeng, postingan sampean juga bagus loh... ghokilz abis. hehehe...

# Lyla> Kalau jalan ke sungai nil sering tan... hehehe... enak donk punya tropong bintang sendiri, aku juga pingin loh.

# Welly> betul wel... mesir jantung peradaban. banyak bangsa besar pernah berkuasa di sini, antara lain: Pharaonic, Yunani, Romawi dan Islam.

# Ciwir> ok bro.. aku link juga punya anda.

# Apipuzi> Em, sebenarnya banyak kok sistem kalender yang dipakai di dunia ini, bahkan setiap bangsa memiliki sitem penanggalan sendiri-sendiri. Seperti cina, jawa, arab dan lain-lain. Pada mulanya semua negara tidak memakai penanggalan Gregorian. Baru beberapa abad setelah ini, hampir semua negara barat mau mengimplementasikan sistem Gregorian, termasuk indonesia. Rusia misalnya, baru mengimplementasikannya pada tahun 1918.

15 November 2008 07.48  
Dien mengatakan...

Ada yang bertanya tuh...

Sorry ketinggalan. Ok Om goenoeng, saya coba terangkan sedikit apa yang aku tahu. Menurut Rifaat Abd Hamid dalam karyanya al-Fikr al-Mashri fi 'Ashr al-Masihi: 2000. Koptik (Coptic/ al-Qibth) merupakan salah satu sekte Kristen kuno yang
sampai di Mesir pada abad pertama masehi di bawah tangan rasul Marcus. umat Katolik Koptik adalah pecahan dari Gereja Ortodoks Koptik, yang meninggalkan gereja tersebut dengan tujuan untuk masuk dalam persekutuan penuh dengan Takhta Suci Roma. Patriark Katolik Koptik di Alexandria saat ini adalah Uskup Agung Antonios Naguib. Gereja Koptik didirikan oleh Martir Santo Markus Penulis Injil, antara tahun 40 dan 60 Masehi di Aleksandria.

15 November 2008 08.04  
Anna 'dTeepZ mengatakan...

om dien kerennnnnnn.....dapet aja artikel kayak gene...TOP dah om

15 November 2008 10.08  
indra mengatakan...

early dayS of viSitS with the Smile ...

15 November 2008 11.44  
david mengatakan...

org memang terkenal dgn kehebatannya y boss...muantap nambah pelajaran buat saya

15 November 2008 20.15  
Else mengatakan...

bener kan...... klo kesini pasti dapat oleh2 ilmu, makanya sering main2 ke pantaiku ya mas...
lho salah ya???? aq yang hrs sering main2 ke sini.
sep bro!!!! aq dpt ilmu lagi
ditunggu postingnya yang lain....

16 November 2008 08.09  
cebong ipiet mengatakan...

weeee seneng bgt kalo liat bintang

16 November 2008 17.22  
ifoell mengatakan...

ada PR nih dien...
kerjakan lagi ya..??

17 November 2008 03.38  
masmoemet mengatakan...

wah nuansane hitam ,,, suka warna hitam nih mas ?

17 November 2008 04.49  
wirati mengatakan...

ada bintang di langit mesir?
mau dong......
Serasa di zaman Cleopatra.....

17 November 2008 06.28  
Istantina mengatakan...

Blognya sarat info n ilmu nie..

Apalg posting tentang mesir.. Hiks, kapan yak nyampe sana?

Salam kenal...

17 November 2008 19.04  
imam wahyudi mengatakan...

Dalam juga risetnya, dijelaskan dengan gamblang. Check :
Mayan Calendar
Tentang 2012, interesting ;-)

17 November 2008 23.34  
imam wahyudi mengatakan...

Dalam juga risetnya, dijelaskan dengan gamblang. Check :
Mayan Calendar
Tentang 2012, interesting ;-)

17 November 2008 23.34  
imam wahyudi mengatakan...

Dalam juga risetnya, dijelaskan dengan gamblang. Check :
Mayan Calendar
Tentang 2012, interesting ;-)

17 November 2008 23.34  
Erik mengatakan...

Ternyata sudah ada kalender ya sebelum kalender masehi

19 November 2008 09.09  
nita mengatakan...

sejarah tentang kalender awal yg detail. thanks infonya:)

19 November 2008 13.03  
Ivana mengatakan...

thx for sharing info ini yah?

20 November 2008 09.30  
Nunung Mulyani mengatakan...

pinter2 ya orang mesir, jaman segitu udah bisa buat sistem penanggalan,:)
lam kenal

20 November 2008 21.27  
mingto mengatakan...

jadi pengalaman baru nih!!! ternyata gitu yah? tp gmn dengan cintaKU? knp yang terjadi harus seperti itu????

25 November 2008 00.19  
Nugroho mengatakan...

artikelnya sangat meberikan pencerahan..makasih

28 November 2008 20.41  
Firmans' ZONE mengatakan...

pinter ya orang jaman dulu ..
salam kenal
http://firman.web.id

12 Februari 2009 13.57  
guswal mengatakan...

wah bagus sekali tu artikelnya

25 Februari 2009 18.34  
putra baruna mengatakan...

ikut komentar yah

4 Maret 2009 14.16  
Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum